Total Tayangan Halaman

Senin, 24 Februari 2020

SATE AYAM IDAMAN


Hai, hai Sahabat MSG! Kabarnya masih sehat semua kan ya? Alhamdulillah. Manisedapgurih masih akan setia membagikan inspirasi masakan dan makanan bagi para pembaca blog ini. Nah, dulu aku pernah mereview salah satu  restoran yang kece badai masakannya, yaitu restoran Sate Khas Senayan yang berada di kawasan Depok.

Salah satu makanan yang menjadi primadonanya adalah sate ayam khas restoran ini. Saking enaknya, aku sampai sampai ngidam ingin menyantapnya kembali. Namun apa daya jauh belinya, dan harganya juga semacam menguras dompet. Hahaha.

Iya, karena enak banget rasa sate ayamnya. Daging ayamnya yang masih juicy, berpadu dengan bumbu satenya yang lembut, menambah nikmat rasanya. Nah, di saat ingin sekali merasakan kembali si sate ayam ala Sate Khas Senayan, di channel Youtube William Gozali yang selalu menjadi salah satu rujukanku mencari inspirasi aneka macam resep masakan, dia mengupload vlog duplicate dish sate ayam ala Sate Khas Senayan. Kebetulan sekali, seperti gayung bersambut. Seperti berjodoh. Seperti takdir. Haish, apa ini.

Oke, kembali ke topik. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sate ayam yang fenomenal (menurutku) ini? Langsung saja aku bagikan.

Bahan marinasi (rendaman ayam):
Ayam fillet (boleh ayam potonga tau ayam kampung)
Kecap manis
Ketumbar bubuk
Lada
Garam

Bahan-bahan saus kacang:
Kacang tanah 100 gram
Bawang merah 5 butir
Bawang putih 4 butir
Daun jeruk 3 lembar
Garam
Cabe rawit (opsional)
Gula merah 75 gram
Air asam jawa 3 sendok makan
Kecap manis

Waktunya eksekusi. Setelah ayam dicuci bersih, potong daging ayam dengan ukuran memanjang atau bisa juga dengan ukuran potongan daging sate pada umumnya. Lalu rendam daging ayam dengan bahan rendaman. Simpan di lemari pendingin selama satu jam (boleh juga lebih) agar bumbu-bumbu meresap ke daging secara merata dan sempurna.

Apalah arti sate tanpa saus kacang. Untuk saus kacangnya, goreng semua bahan  dengan minyak secukupnya. Setelah harum dan matang, angkat,lalu haluskan hingga  lembut seluruh bahan-bahan saus kacangnya, kecuali daun jeruk dan kecap. Boleh ditambah dengan 1 gelas air (± 150 ml). setelah lembut sempurna, tuang saus kacang ke dalam panci, masak hingga mendidih. Jangan lupa masukkan daun jeruk dan koreksi rasanya.


Setelah satu jam, keluarkan daging ayam yang telah dimarinasi. Tusuk-tusuk, kemudian beri sedikit minyak di atasnya. Waktunya memanggang. Panggang tusukan daging sate, aku menggunakan wajan pemanggang, karena tidak punya panggangan ala-ala abang jual sate. Oleskan sedikit minyak untuk mematangkannya. Panggang hingga daging ayam benar-benar matang. Angkat.



Siapkan piring, taruh saus kacang di piring. Tuangkan kecap sesuai selera, lalu aduk rata saus kacang dan kecap manis. Taruh sate ayam yang telah dipanggang di atasnya. Taburi dengan bawang goreng. Jangan lupa beri irisan bawang merah mentah dan cabe rawit di sampingnya.



Tadaaa. Sate ayam ala Sate Khas Senayan yang menggiurkan telah siap disantap. Penasaran dengan rasanya? Cus, Sahabat MSG segera mencobanya.

Sumber resep masakan kanal Youtube William Gozali klik di sini

4 komentar:

  1. Sepertinya enak banget, kepingin coba resepnya,kebetulan sate adalah makanan kesukaan saya

    BalasHapus
  2. Emang bener ya mba, gado2, sate dan pecel itu yg dicicipi duluan pasti bumbunya. Semangat mbaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba maria, kalo sausnya endes, makannya lahap pasti ☺☺☺

      Hapus