Total Tayangan Halaman

Kamis, 13 Februari 2020

SAMBAL PEDA


Hai Sahabat MSG. Apa kabarnya hari ini? Tak terasa kita sudah melewati bulan pertama di tahun 2020, dan sudah memasuki pertengahan bulan Februari. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan agar bisa mencicipi makanan-makanan yang enak-enak, tentu saja bersama blog manisedapgurih ya.

Siapa nih Sahabat MSG yang kalau makan nasi, tak lengkap rasanya jika tidak ada pedas-pedasnya, alias harus ada sambal di piringnya. Aku langsung auto ngacung nih. Karena makan tanpa sambal, seperti hidup tanpa cinta. Hambar. Hehehe. Etapi tidak semua orang suka sambal atau makanan yang pedas-pedas memang. Bagi teman-teman yang punya asam lambung atau penyakit maag tidak disarankan untuk makan yang pedas-pedas ya.

Nah, bicara tentang sambal, apakah sambal favorit Sahabat MSG? Sambal matah, sambal terasi, sambal bawang, sambal tomat, sambal dabu-dabu, sambal pecel, atau sambalado? Iya, Indonesia itu punya beraneka macam sambal. Beberapa daerah di Indonesia pasti mempunyai sambal khas masing-masing yang menjadi andalannya.

Sekarang aku mau membagikan salah satu  resep sambal favorit aku nih. Cara membuatnya gampang sekali, tapi rasanya tak kalah dengan rasa sambal-sambal yang sudah aku sebutkan di atas tadi loh. Namanya ‘Sambal Peda’.

Bagi yang belum tau apakah peda itu, aku mau sedikit menjelaskan nih kalau ikan peda merupakan ikan kembung yang diawetkan dengan cara difermentasi dan digarami. Jadi dikenal juga dengan ikan asin peda.

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk membuat sambal peda juga tidak susah, karena hanya memakai bumbu-bumbu dasar saja. Oh iya, sambal peda ini tanpa perlu susah-susah diuleg loh, cukup merajang semua bumbu-bumbunya. Tak sulit kan? Oke, langsung saja aku bagikan resepnya ya sahabat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Ikan peda 2 ekor
Bawang merah 10 buah
Bawang putih 8 buah
Cabe rawit suka-suka (makin banyak, makin pedas, makin enak)
Daun bawang suka-suka (makin banyak makin enak)
Tomat yang masih mengkal 2-3 buah
Petai (jika suka)
Minyak secukupnya

Jika semua bahan telah siap, rajang semua bahan mulai dari duo bawang, daun bawang, cabe, tomat, dan petai. Potong kecil-kecil ikan peda atau bisa juga di suwir-suwir, hilangkan durinya untuk mempermudah makan nantinya. Terakhir masukkan minyak. Kemudian masukkan semua bahan ke dalam wadah, usahakan yang berbahan kaca atau stainless. Sahabat MSG tidak perlu menambahkan garam ataupun gula ya, karena rasa asin sudah kita dapatkan dari si ikan peda.

Langkah selanjutnya, siapkan kukusan. Iya, benar, kita tidak perlu menumis ya Sahabat MSG. Cukup kukus si bakal sambel peda ini. Jika kukusan telah siap, masukkan wadah, tunggu kurang lebih 10 hingga 15 menit untuk matang.

Tadaaa, sambal peda siap dihidangkan. Cukup disantap dengan nasi putih hangat, sambel peda ini siap menggoyang lidah kita. Sangat mudah untuk membuatnya bukan?

Oke Sahabat MSG, silahkan dicoba resep sambel peda dariku ini ya. Ingat untuk berhenti makan sebelum kenyang ya. Jumpa kembali dengan resep-resep selanjutnya.

8 komentar:

  1. Ish...semudah ini? Wow....apalagi dikukus, sehat ini. aku mau coba.

    BalasHapus
  2. Pas separuh perjalanan baca resepnya, sempet berpikir ikannya diapakan dulu sebelum dibikin sambal..hehe ternyata semuanya dikukus..kirain bumbunya mentahan kayak sambal marah gitu..perlu dicoba nih resepnyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy mba sari...ati2 nambah yaa..nambah BB hiks

      Hapus