Total Tayangan Halaman

Selasa, 03 Maret 2020

SINGKONG GORENG MEREKAH



Hai, hai Sahabat MSG! Bertemu kembali di blog manisedapgurih. Musim hujan seperti saat ini memang paling pas kalau membuat gorengan untuk cemilan. gorengan sendiri banyak sekali macamnya, ada ote-ote, tahu isi, ketela goreng, pisang goreng, pisang molen mini, jemblem, lumpia, dkk, dll, dsb. Sahabat MSG pada suka jenis gorengan yang mana nih? Kalau aku sih semuanya, hihihi.

Nah, kali ini manisedapgurih ingin membuat puhung goreng yang merekah ala penjual gorengan pinggir jalan, mumpung ada stok puhung alias singkong di rumah. Siapa nih Sahabat MSG yang kalau membuat singkong goreng tidak bisa merekah? Oke, akan aku bagi tipsnya ya. Pertama, pilih ketela pohon yang sudah tua. Kedua pilih singkong yang kulit bagian dalamnya berwarna merah muda. Dijamin deh singkong gorengnya pasti merekah sempurna.


Sekarang, kita perlu menyiapkan bumbu-bumbu untuk merendam si singkong sebelum di goreng. Bahan-bahan perendam sangat mudah saja, hanya diperlukan bawang putih 4 siung, ketumbar 1 sendok makan, kunyit satu ruas jari, dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut pasti ada dong di dapur Sahabat MSG. Ya kan? Siapkan juga air kurang lebih dua liter, dinginkan air tersebut di lemari pendingin. Usahan benar-benar dingin ya.

Pertama-tama, kupas puhung atau singkong atau ketela pohon terlebih dahulu. Jika singkong sudah cukup tua, dia akan sangat mudah untuk mengupasnya ya Sahabat MSG. tinggal buat garis memanjang dari atas ke bawah singkong dengan pisau, kemudian kuliti. Selanjutnya cuci bersih dan potong singkong ukuran kurang lebih 5cm.

Rebus singkong kurang lebih 5-10 menit, atau hingga terlihat tanda-tanda si singkong merekah. Jangan terlalu lama dalam merebus singkong karena singkong akan terlalu matang dan mrotol. Angkat singkong lalu masukkan ke dalam air yang sudah didingankan sebelumnya. Masukkan juga bahan-bahan rendaman yang telah dihaluskan terlebih dahulu ke dalam air dingin. Diamkan beberapa saat, biarkan bumbu rendaman meresap ke dalam singkong.

Setelah itu, panaskan minyak. Pastikan minyak benar-benar panas kemudian goreng singkong hingga matang. Jika sudah kecoklatan, angkat singkong, tiriskan. Tadaaa, singkong goreng merekah siap disantap. Jika ingin terasa lebih gurih lagi, taburi dengan parutan keju. Haucek.
Hujan di sore hari ditemani dengan singkong goreng keju, dijamin suasana akan menjadi hangat. Sahabat MSG ingin mencobanya juga kan? Yuk, dipraktekkan. Semoga resep manisedapgurih kali ini bermanfaat ya.


11 komentar:

  1. Balasan
    1. Yg sederhana bisa menyatukan perasaan..*opotohyo

      Hapus
  2. Singkong emang Indonesia bangets! Mantap!

    BalasHapus
  3. Mantapp... Lama tapi yah, prosesnya, hihi

    BalasHapus
  4. Mantapp... Lama tapi yah, prosesnya, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mayan mba, bisa disambi setrika atau nyuci 😋😋

      Hapus
  5. Mbaak.. kirim mrene 🙈🙈🙈

    Pas mbukak iki lha kok weteng luweee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wes gus, tak kirim liwat wapri..wakakaka

      Hapus
  6. Hooo ini nih rahasia lek dodol puhung keju

    BalasHapus