Total Tayangan Halaman

Rabu, 29 Januari 2020

RECOOK MEE MALAYSIA DARI RESEP WILLIAM GOZALI


Halo sahabat MSG kesayangan. Apa kabarnya hari ini? Masih senang kan kalau blog ini membahas tentang kuliner? Aku yakin sahabat MSG masih doyan sekali makan-makan, jajan-jajan, masak-masak.

Oke kali ini aku membagikan kuliner dari negeri jiran Malaysia, namanya ‘Mee Malaysia’. Resep masakan ini kudapatkan dari vlog food blogger yang juga seorang chef jebolan ajang pencarian chef terbesar di Indonesia bahkan dunia, yaitu Wiliam Gozali. Betewe, olahan makanan yang dibagikan di channel Youtube miliknya selalu sukses membuatku ngiler. Hihihi. Dan sudah beberapa kali kurecook resepnya.

Siapa sih yang bisa menolak aura kelezatan sebuah mie, mau mie goreng ala abang-abang, mie godok, mie instan, mie aceh, mie ayam, dan olahan mie-mie lainnya. Aku yakin penduduk Indonesia sebagian besar adalah pecinta mie. Ya kan, ya kan? Nah, kali ini aku merecook resep mie dari Koko Wilgoz, yang agak beda dari resep mie umumnya.

Seperti yang telah kutulis di atas, nama masakannya adalah Mee Malaysia. Oke apa saja bahan-bahan dan bumbu-bumbu yang kita perlukan? Langsung aku tulis di sini.

Bahan :
300 gram mie basah atau mie kering, disaranan mie basah yang besar-besar, tapi kalau tak ada, mie kering juga tidak masalah
2 telur
6 bakso ikan
6 udang besar 
1/4 kol atau kubis
2 batang daun bawang
250 ml / gr air putih
4 sdm kecap asin
4 sdm kecap manis

Bumbu halus :
5 cabe keriting
3 cabe kering
5 bawang merah
3 bawang putih
2 terasi ( sachet )
15 gram teri medan ( 2 sdm rata )
gula dan garam secukupnya
minyak secukupnya

Setelah semua bahan-bahan dan bumbu-bumbu telah siap, saatnya memasak! Langkah pertama, baca bismillahirrahmanirrrahim, semoga masakannya tidak gagal. Hehehe. Selanjutnya haluskan semua bumbu halus, bisa dengan mengulek atau memblendernya. kemudian tuangkan  minyak di dalam wajan panas, lalu tumis bumbu halus hingga harum.

Masukkan udang, bakso ikan, dilanjutkan dengan kol. Tumis hingga matang, setelah itu masukkan telor dan aduk hingga telor matang. Selanjutnya masukkan mie basah diikuti dengan kecap asin dan manis. Jangan lupa memasukka air, aduk hingga rata, lalu diamkan hingga matang. Terakhir, masukkan daun bawang. Voila, Mee Malaysia siap disantap bersama keluarga tercinta.


Yang membedakan dari mie tek-tek ala abang-abang adalah dari aromanya. Karena mee malaysia menggunakan terasi serta teri medan, rasa dan aromanya jadi unik. Rasa mee malaysia ini gurih dan manis ya. Kalau ingin menambahkan rasa pedas, bisa ditambah taburan cabe bubuk ya, rasanya jadi lebih nendang loh.
Bagaimana? Sahabat MSG tertarik untuk mencobanya? Buruan dipraktekkan ya. Selamat memasak.

Sumber resep masakan klik di sini

12 komentar:

  1. Enaknya.. jadi pingin nyobain. Thanks resepnya mbak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mba Yoha..selamat mencoba ☺👍

      Hapus
  2. Ini resepnya mudah ya, ho ho penggemar Wilgoz nih si kakak ha ha ha. Coba ah...standar masak mi-ku yang begitu2 aja...rasa lain aaaaah. Thx for creating this post mmwaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. mari kakak dicoba kakak..kalo dah jadi aq dipanggil yaa wakwakwak

      Hapus
  3. Kayaknya enak nih. Pengin nyoba. Lagian bahannya mudah ya didapat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um mba, biar kamus masakan mienya nambah hihihi

      Hapus
  4. Ngga ada challenge duplikasi resep nih? Yuk mauu mbaa.kayak yg di master chef itu 🤣🤣

    BalasHapus
  5. Saya enggak bisa masak, tapi bisa makan, dan bisa ngiler baca resep ini 😅

    BalasHapus